Skip to main content

LOVE



 LOVE

Kebetulan akhir-akhir ini suka dengerin lagu Give me your forever - Zack Tabudlo
Jadi kepikiran maybe it's gonna be interesting to talk about love.

If love has its own definition 
Maybe nobody could really understand what it really means
People said when you fell in love you gave everything, you put energy into that thing
Sadly, you couldn't choose with whom you're gonna put your feeling
I'd rather choose word feeling than heart because 
Even someone fell in love they still got their heart responses, nyomot prinsipnya filsuf stoa 

Control doesn't mean you would deny your feeling,
It means you accept it, then you think about how you would react to it.

Jatuh cinta nggak pernah salah, kalau kata Buya Yahya kamu nggak akan pernah bisa membiarkan hatimu kosong tanpa cinta, tapi kamu punya pilihan untuk mengontrol perasaanmu kamu ingin mengisinya dengan cinta kepada siapa atau apa.
Dr. Fahrudin Faiz juga pernah ngomong di salah satu kajian beliau kalau perasaan nggak pernah salah,  yang terkadang salah adalah bagaimana seseorang mengekspresikan perasaanya, kesimpulannya everything depends how we react with it. Bahkan menurut Weisskirch (2017) jatuh cinta dan hubungan kasih sayang berdampak baik pada kesehatan psikis. Jadi, kalau lagi ngerasa stuck sama hidup mungkin bisa dipertanyakan hatinya apakah masih hidup dengan cinta atau udah mati. 
Well, sebagai seorang manusia aku punya prinsip bahwa cinta tidak sesempit hanya tentang dua manusia yang saling jatuh cinta, you can fell in love with anything, included your God. But for now lets focus on human.

Terus, pernah nggak sih bertanya-tanya apa yang membuat seseorang jatuh cinta?
Menurt Braxton & Cheryl (2010) seseorang dapat jatuh cinta bergantung pada paras dan sikap, namun diantara kedua faktor tersebut yang paling berpengaruh adalah sikap, jadi kalau ada yang insecure punya fisik nggak secantik Gal Gadot atau seganteng Chris Evans you still had a chance to be loved

                                                       
PENGARUH CINTA PADA OTAK

Dan, apa yang terjadi pada tubuh saat kita jatuh cinta?
Saat seseorang jatuh cinta maka otak manusia akan mengalami banjir neurokimia dopamin dan oksitosin. Kedua hormon ini menyebabkan kita merasa senang dan bahagia saat kita sedang jatuh cinta. Bahkan Gubernur Jawa Barat pak Ridwan Kamil punya kebiasaan setiap hari memeluk istri beliau selama 20 detik setiap hari, karena hal ini terbukti secara sains diprediksi mampu mengurangi kadar hormon kortisol atau hormon stress.. Walaupun tidak mesti 20 detik yaa.

Cinta itu nda bisa terlalu dipelajari, untuk benar-benar paham apa itu cinta kamu mesti mengalaminya sendiri dan merasakannya (Dr. Fahrudin Faiz).
That's a lot of theory about love, then let's fall in love and feel it.


Referensi :

Braxton-Davis, Princess (2010) "The Social Psychology of Love and Attraction," McNair Scholars        Journal, 14(1),  Available at: http://scholarworks.gvsu.edu/mcnair/vol14/iss1/2
Weisskirch, R. S. (2017) "Abilities in romantic relationships and well-being among emerging adults. Marriage & Family" Review, 53(1), 36-47. 10.1080/01494929.2016.1195471
https://lampungpost.id/oasis/cinta-dan-otak-saling-pengaruh/
https://sains.kompas.com/read/2018/07/14/203100223/7-perubahan-otak-dan-tubuh-saat-jatuh-cinta-menurut-sains?page=all
https://www.alodokter.com/manfaat-berpelukan-untuk-kesehatan-dan-kebahagiaan-yang-sayang-           dilewatkan






Comments

Popular posts from this blog

Curcol #3 Satu Tambah Satu

Satu tambah satu itu harusnya dua, atau satu tambah satu itu artinya tak terhingga. Saya masih ingat, saat itu lagi jam kosong waktu masih SMA, dan Guru Bimbingan Konseling atau bisa dibilang Guru BK yang akhirnya memutusan mengisi jam kosong tersebut. Kata beliau satu tambah satu itu harusnya jawabannya tak terhingga. Seisi kelas langsung heboh, pertanyaan dan jawaban filosofis, nampaknya memang selalu menjadi topik menyenangkan di kalangan remaja. Alasan dari jawaban tak terhingga itu, beliau biarkan begitu saja, kata si bapak "nanti kalau kalian dewasa, kalian akan mengerti sendiri".  Gambar pemanis Dan sekarang sudah 2025 di hari Jumat ini, saya tiba-tiba teringat beliau. Semoga beliau sehat selalu. Salah satu guru tertua di sekolah, dan terlihat paling santai, entah karena memang guru BK begitu, atau memang bawaan beliau saja, saya juga tidak tahu. Sejak kecil, saya menyenangi mendengarkan cerita dan bercerita, bahkan pernah iseng ikut lomba di Kabupaten hanya untuk seka...

Curcol #4 Katawa

Alem kalutuh, mun kuan uluh huran, apalagi mun belum lekan lewu je jatuh are uluh nah, tau kare are je belum tapi iye beda alam ah. En jikau tutu en dia, dia katawa kia. Makin maju zaman makin are uluh je tame ka lewu itah, en niat bahalap en dia, Tuhan ih je nampa kaputusan ah. Harun due kalimat tuh manampa tulisan jituh, pehe jadi angat kuluk kuh. Ampi mangat nampa mahapa bahasa Indonesia dibanding bahasa kabuat. Okey, tampuli membahas perkara katawa en dia katawa. Oleh akhir-akhir tuh, pambelum angat are lepah melai kantor akan manggau duit, kadang aku tuh mikir, en uluh tuh puna harus belum kilau tuh kah, kurik, sakula, bagawi, mun rajaki a manikah mbah te manak mbah te matei. En kate ih? Tapi, mikir kia, buhen pambelum harus are kare kahandak, amun kuan motivator nah, angat itah tege motivasi kua. Tapi, kenampi umba uluh je handak belum ie kate-kate ih, en jikau sala ?. Harun endau umba Azi, ikei due mander narai kabeda antara menggite informasi bara sosial media je kilau instagra...

Konten Ramah Orang Tua

Kipas angin yang nyaring, di luar juga sedang gerimis, ditemani ada secangkir kopi jahe. Rasanya suasana yang pas untuk menulis kembali. Setahun terakhir rasanya seperti kehidupan yang sudah dipilih sendiri, dari mulai pekerjaan dan hal yang lainnya. Memutuskan untuk bekerja di sektor yang tidak pernah dibayangkan saat masih kuliah, juga bukan hal yang masuk dalam perencanaan hidup. Lucu juga sebenarnya, saat kuliah seperti anak sains ambis pada umumnya, yang semua tertata dan tertarget dan termakan quotes motivator, sampai rasanya lupa berpijak. Ah, kenapa jadi puitis ya. Bergabung dengan berbagai organisasi, menyibukkan diri, seolah ingin mengubah dunia keesokan harinya, sekarang harus berdamai dengan realitas bahwa ada diri yang harus dihidupi sendiri, entah ini terdengar kasihan atau malah bangga. Kata orang, harga diri seorang laki-laki itu di pekerjaannya, dan wanita dengan kodratnya feminitasnya harusnya menjadi wanita seutuhnya, dengan me-_nurture_ kehidupannya. Kalau ditanya, ...